SEJARAH

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Jayakarta didirikan pada tahun 1969 dengan nama Akademi Anjun Akuntansi dan Perbankan Jakarta. Pada tahun 1971 berubah menjadi Akademi Accounting Jakarta, kemudian pada tahun 1977 mengalami perubahan menjadi Akademi Akuntansi Jakarta pada 17 Juli 1989. Kemudian pada tanggal 24 November 1990 Akademi Akuntansi Jakarta ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta (STIE Jayakarta) dengan memiliki dua jurusan Akuntansi dan Manajemen dengan Program Studi Diploma Tiga (D.III) dan Strata Satu (S.1).


TUJUAN

1. Tujuan Umum :

Tujuan umum Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta adalah menghasilkan Lulusan dengan kualifikasi sebagai berikut :

  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas Kepribadian yang tinggi;
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimiliki sesuai dengan kemajuan teknologi industry 4.0 dengan bidang keahliannya dalam kegiatan yang produktif memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya. Menguasai dasar-dasar ilmiah di bidang akuntansi dan manajemen serta pengetahuan terkait sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya melalui berbagai penelitian sesuai bidang yang relevan.
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan serta mendesiminasikan ke masyarakat luas melalui berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

2. Tujuan Khusus :

Tujuan khusus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta adalah menghasilkan lulusan yang :

  1. Memiliki kompetensi dan keterampilan di bidang akuntansi dan manajemen, serta memiliki sikap dan kemampuan untuk menerapkan secara fungsional, sehingga mampu memecahkan persoalan yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
  2. Memiliki keahlian dalam analisis kritis secara professional melalui pendekatan teoritis maupun praktis di bidang akuntansi dan manajemen.
  3. Memiliki kemampuan enterpreneurship sekaligus memiliki kesanggupan untuk menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

VISI MISI

Visi :

Mewujudkan STIE Jayakarta menjadi lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keilmuan dan vokasional di bidang bisnis yang unggul yang dilandasi wawasan global dalam upaya menghasilkan lulusan yang berkepribadian, berintegrasi dan profesional serta berjiwa kewirausahaan.

Misi :

  1. Mewujudkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta menjadi pusat pendidikan keilmuan dan vokasional di bidang akuntansi dan manajemen dengan kualitas tertinggi yang relevan sesuai kebutuhan masyarakat masa kini dan mendatang dengan mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi yang terstruktur dan berkesinambungan.
  2. Mengupayakan penambahan program studi di bidang yang sesuai dengan kebutuhan pasar baik peningkatan strata maupun sejenisnya.
  3. Mendorong pengembangan sarana penelitian yang pemanfaatannya yang mudah diakses oleh segenap civitas akademik dan masyarakat pengguna.
  4. Berpartisipasi aktif dalam masyarakat melalui penyiapan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dengan standar ilmiah dan etika tinggi dalam pembangunan bangsa dengan biaya terjangkau.
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian untuk menyelesaikan masalah aktual dimasyarakat.
  6. Merencanakan dan menyelenggarakan dana pendidikan yang dapat bermanfaat bagi kebutuhan mutu pendidikan, pengembangan staf dan sarana pendidikan secara transparan. Mengupayakan kegiatan-kegiatan webinar, workshop serta pelatihan baik internal maupun external untuk kepentingan pengembangan institusi.
  7. Menjalin hubungan kerjasama antar perguruan tinggi dan instansi atau industri lain baik di dalam maupun luar negeri dalam rangka mencapai kualitas yang unggul dan dapat bersaing secara nasional dan global.

STRATEGI

Berdasarkan visi, misi dan tujuan di atas, maka strategi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta adalah :

  1. Melakukan pendekatan untuk mendapatkan masukkan dari pengguna lulusan, industri dengan kebutuhan dunia kerja sesuai perkembangan teknologi.
  2. Menerapkan sistem penjamin mutu internal yang akan secara kontinyu melakukan pengukuran terhadap kinerja pencapaian visi, misi, dan tujuan.
  3. Melaksanakan benchmarking, studi banding dan bekerjasama dengan instansi dan industri serta pemerintah dan perguruan tinggi lain untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja pencapaian visi, misi, dan tujuan.
  4. Sosialisasi dan peningkatan pemahaman serta mengimplemtasikan visi, misi, dan tujuan kepada seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan untuk pencapaian kinerja. Mengusahakan sumber dana dari luar dan hibah dari BRIN dengan meningkatkan nilai akreditasi melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Study lanjut untuk dosen ke jenjang lebih tinggi untuk peningkatan kinerja dosen. Dan mengupayakan dan mendukung dosen mendapatkan sertifikasi dosen. Rekam kinerja dosen dapat diupgrade secara berkala.
  6. Mengikuti program yang mendukung peningkatan penilaian akreditasi oleh seluruh civitas akademika dan tenaga kependidikan.
  7. Melakukan evaluasi secara berkala atas pencapaian visi, misi dan tujuan.

Struktur Organisasi